Hadapi Porprov 2023 Jateng, Kudus Siapkan Rp10 Miliar

oleh

Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk menyambut perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI pada tahun 2023 bersama lima kabupaten lain di wilayah Keresidenan Pati.

“Anggaran sebesar itu, rencananya akan kami pinjamkan dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Sabtu.

Ia mengakui pemanfaatan dana BLUD untuk menunjang pembinaan olahraga itu, terlebih dahulu melakukan studi banding.

Untuk pos-pos anggaran lainnya, kata dia, sudah tidak tersedia karena masing-masing sudah ada pos penggunaannya, sehingga yang memungkinkan saat ini memanfaatkan anggaran BLUD.

Sementara untuk mendukung penganggaran bidang kesehatan, imbuh dia, masih tersedia anggaran karena bisa memanfaatkan dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT).

Usulan anggaran Rp10 miliar tersebut, nantinya untuk anggaran KONI, hingga jajarannya pengurus cabang serta asosiasi kabupaten.

Pada ajang Porprov 2023, Kabupaten Kudus ikut sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan bersama lima kabupaten lain di wilayah Keresidenan Pati.

Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Kudus, yakni softball, atletik, anggar, basket, bulu tangkis, biliard, hoki, tenis meja, dan voli pantai.

Untuk kabupaten lainnya yakni Pati, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan juga akan mempertandingkan cabang-cabang lainnya dengan memanfaatkan venue atau arena milik mereka.

Sumber Antara