Pemerintah Banjarnegara Ajak Warga Sukseskan Pelaksanaan Pilkades

oleh -8 views

Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, mengajak warga di daerah ini untuk menyukseskan pemilihan kepala desa yang akan berlangsung pada 27 Oktober 2021.

“Kami mengajak seluruh warga untuk ikut berperan aktif menyukseskan pilkades dengan menjaga kondusivitas di lingkungan masing-masing,” kata Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin, di Banjarnegara, Senin (11/10/2021).

Menurut dia, pelaksanaan pemilihan kepala desa merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.

“Dalam agenda pemilihan kepala desa ini masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah membentuk Satuan Tugas Pilkades guna membantu panitia pemilihan mengawasi penyelenggaraan pilkades.

“Terutama dalam tahapan-tahapan kritis seperti pada masa kampanye dan saat pemungutan suara. Satgas ini terdiri atas ketua RT, RW, dan linmas,” katanya.

Dia mengatakan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi harus sukses dan menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas.

“Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen bersama serta sinergitas dari tingkat kabupaten hingga desa untuk bisa mewujudkan pilkades yang sesuai dengan harapan, kompak, semangat, lancar, bersih, dan kondusif,” katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat memiliki peran penting dalam menentukan figur pemimpin di desanya masing-masing.

“Dengan figur pemimpin yang tepat diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan di desa dan semakin menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Untuk itu, kata dia, sangat penting untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang damai, aman, tentram dan bermartabat.

Selain itu, dia mengingatkan agar panitia pemilihan dan masyarakat tidak abai akan protokol kesehatan.

“Butuh dukungan dan kesadaran semua pihak dalam penerapan prokes pada penyelenggaraan pilkades serentak di masa pandemi COVID-19. Disiplin prokes di tengah pesta demokrasi harus diterapkan. Jangan sampai memunculkan klaster baru dan menimbulkan bahaya di tengah masyarakat,” katanya.

Sumber Antara

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.