Penggilingan Tebu di Kudus Dilalap Api

oleh

Kudus – Kebakaran terjadi di sebuah gudang tempat penggilingan tebu untuk gula tumbu di Desa Puyoh RT 04 RW 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Gudang penggilingan tebu itu diketahui milik Subadi warga setempat.

“Kebakaran terjadi, Minggu (30/9) dan diketahui sekira pukul 13.00 WIB saat para pekerja gula tumbu sedang melaksanakan istirahat dari aktifitas pembuatan gula tumbu dan penggilingan tebu,” jelas Kapolsek Dawe AKP Suharyanto, Senin (1/10/2018).

Di sela istirahat itu, seorang pekerja mengecek kondisi sekitar tungku pembuatan gula dengan ampas kering yang digunakan sebagai kayu bakarnya. Karena kondisi cuaca yang panas serta angin yang kencang menimbulkan percikan bara api di sekitar ampas kering.

“Kondisi itu mengakibatkan ampas terbakar dan menimbulkan kebakaran besar sampai seluruh gudang dan alat mesin penggilingan serta hasil gula tumbu yang sudah jadi,” katanya.

Upaya pemadaman oleh pekerja dibantu warga sekitar tak membuahkan hasil. Petugas pemadam Kebakaran BPBD Kudus yang datang tak berapa lama usai dihubungi langsung melakukan pemadaman api.

Api dapat dipadamkan sore sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara gudang, alat mesin penggiling dan sekitar 30 tumbu gula hangus dan rusak.

“Kerugian sementara ditaksir mencapai kurang lebih Rp 150 juta,” pungkasnya.edit