Ular Piton 5 Meter di Kandang Ayam Warga Jurang Jero Karanganom Klaten

oleh -76 views

Klaten – Seekor ular piton sepanjang lima meter ditangkap warga di Dusun/ Desa Jurang Jero, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah. Binatang melata tersebut ditangkap saat mengincar ayam di kandang milik warga.

“Tadi malam sekitar jam 22.00 WIB ada suara berisik di kandang ayam di belakang rumah. Saya lihat dan turun ternyata ada ular di kandang,” ungkap Slamet (53) pemilik kandang, Minggu (2/5/2021).

Slamet mengatakan ulat yang ditangkap itu belum sempat memakan ayam miliknya. Sebab, saat dihitung ayam peliharannya genap berjumlah enam ekor.

“Belum makan ayam, baru masuk kandang. Ayam saya hitung masih enam ekor tapi bulan yang lalu satu ayam jago saya hilang dimakan,” lanjut Slamet.

Slamet mengatakan di belakang rumah atau kandang ayam merupakan sungai yang berhulu di lereng Gunung Merapi. Temuan ular ini pun sudah yang keempat kalinya dalam setahun.

“Selama ini sudah empat kali ditemukan ular serupa. Tapi ini yang paling besar dan panjang,” kata Slamet.

Warga lainnya, Wahyu Budiono (20) menambahkan ular itu diduga masuk kandang melalui genting. Diduga ular itu terjatuh sehingga membuat ayam-ayam tersebut kaget.

“Saat jatuh itu ayam kaget sehingga ribut. Saat kita masuk ular di bawah terjebak dan tidak mungkin masuk karena dinding kandang dari strimin dan bambu rapat,” terang Wahyu.

Melihat ular besar itu, Wahyu mengaku tidak berani langsung menangkapnya. Wahyu dan Slamet akhirnya meminta bantuan pawang ular yakni Suyanto dan relawan.

“Kita tidak berani kalau cuma berdua atau bertiga sebab ular besar. Kita minta tolong baru ditangkap bersama oleh lima orang, tadi panjangnya saya ukur lima meter,” papar Wahyu.

Saat ini, ular piton berukuran 5 meter itu diamankan di kandang warga. Ular itu kini menjadi tontonan dan bakal diberikan jika ada warga lain yang hendak membeli atau memelihara ular tersebut.

“Kalau ada yang minat ya kita serahkan. Kalau ada yang mau beli ya silakan tapi ular masih agresif karena kelihatan baru saja ganti kulit,” jelas Wahyu.

Terpisah, Koordinator relawan Damkir, Tara Kus Setiawan mengatakan ukuran ular tersebut cukup besar. Ular piton itu akhirnya bisa dievakuasi sekitar pukul 23.00 WIB.

“Cukup besar kali ini. Panjangnya sampai lima meter dengan besar sebesar paha orang dewasa,” kata Kus.

Sumber Detik

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.