Tilep Uang Pajak PT Merdeka Mitra Sejati, Jaksa Tuntut Ratna Ekawati Dipidana 3,5 Tahun Penjara

oleh -176 views

Semarang – Kasus penggelapan uang pajak perusahaan menyeret Ratna Ekawati ke meja hijau Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Diduga melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan, mantan Kepala Bagian Pajak PT Merdeka Mitra Sejati itu terancam dipidana selama 3,5 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Semarang menjatuhkan tuntutan pidana atas perkara itu. Sutardi, jaksa pada Kejari Semarang yang menyidangkan Ratna menilai terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana secara berlanjut.

“Bersalah sesuai surat dakwaan kesatu Pasal 374 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP,” kata Sutardi dalam tuntutan pidanya yang dijatuhkan pada sidang pekan lalu.

Selain pidana badan, terdakwa juga dituntut dibebani membayar biaya perkara sebesar Rp 2 ribu. Dalam kasus tersebut, terdakwa sejak 2000 bekerja di PT Merdeka Mitra Sejati, yang terletak di Jalan Majapahit nomor 218 A Semarang. Perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor dan spare part.

Terdakwa sendiri bekerja sebagai Kepala Bagian Pajak yang tugas dan tanggung jawabnya melakukan pembukuan terhdap pajak dan melakukan pembayaran pajak diantaranya Pajak Penambahan Nilai (PPN), atas jabatannya tersebut terdakwa setiap bulannya menerima gaji sebesar Rp 5juta.

Bahwa sejak awal tahun 2016 sampai dengan tanggal 26 Juli 2017, terdakwa telah menerima uang dari saksi Puryanto untuk pembayaran Pajak PPN dengan total seluruhnya sebesar Rp 2,1 milyar, namun oleh terdakwa hanya dibayarkan sebesar Rp 2,3 juta.

Sehingga uang perusahaan untuk bayar pajak PPN yang dipakai untuk kepentingan terdakwa seluruhnya sebesar kurang lebih RP 2,1milyar, dan uang tersebut dipakai terdakwa tanpa seijin dan sepengetahuan saksi Bambang Santoso selaku Direktur PT Merdeka Mitra Sejati. Akibat perbuatan terdakwa PT Merdeka Mitra Sejati mengalami kerugian sebesar kurang lebih RP 2,1milyar. far