Siapkan Underpass dan Overpass untuk Atasi Kemacetan

oleh -19 views
BANYUMAS – Pemerintah segera mengatasi kemacetan arus lalu lintas di dua perlintasan sebidang kereta api di Kabupaten Banyumas.

Banyumas Achmad Husein mengatakan, dua perlintasan sebidang itu berada di Tanjung atau Jalan Veteran, Purwokerto, serta Kalirajut atau di ruas jalan Patikraja-Rawalo.

Untuk mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Jalan Veteran akan dibangun underpass, sedangkan di Kalirajut akan dibangun overpass.

“Pemerintah pusat siap membantu untuk membangun underpass Tanjung (Jalan Veteran). Dalam minggu depan, Pemkab Banyumas akan mengajukan usulan ke Jakarta,” ungkapnya, Minggu (18/10).

Bahkan, kata dia, gambar desain underpass Tanjung saat ini sudah berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Untuk Kalirajut masuk APBN 2021, juga perlintasan sebidang Tanjung. Insya Allah awal tahun 2023 lancar,” tambahnya.

Bupati mengatakan sebelum dibangun Underpass Jenderal Soedirman, perlintasan sebidang kereta api di Jalan Jenderal Soedirman atau selatan Stasiun Purwokerto, sering membuat kemacetan sehingga menghambat lalu lintas warga.

Ia mengaku saat masih menjadi Wakil Bupati (mendampingi Bupati Mardjoko), untuk mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang tersebut rencananya akan dibuatkan overpass dan desainnya sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Namun, saya pikir akan banyak dampak sosial yang terjadi karena pembangunan overpass, perlu penutupan jalan besar besaran, karena akan ada pembangunan jalan baru dan pembongkaran jembatan di barat Kodim dan Museum BRI itu,” katanya.

Ia mengatakan jika overpass tersebut dibangun, maka akan menyulitkan warga ketika pekerjaan konstruksi sedang dilakukan karena harus memutar terlalu jauh, hingga akhirnya diputuskan untuk dibuatkan underpass.(ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *