Siapa, Ring 1 Ibu’e di Kasus Suap Hakim PN Semarang

oleh -618 views

Semarang – Fakta kasus dugaan suap pengurusan praperadilan Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi kepada hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito senilai Rp 700 juta terus terungkap. Terungkap di persidangan Pengadilan Tipikor Semarang pada pemeriksaan terdakwa Ahmad Marzuqi dan Lasito, adanya peran Fauzan, pejabat Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (MA). Tokoh besar di Jakarta dengan sebutan Ring 1 Ibu’e juga disebut tahu.

Intervensi “pusat” ke PN Semarang itu seolah tak bisa ditolak sampai akhirnya kini jadi perkara. Sejumlah pihak di PN Semarang sejak awal diduga tahu rencana pengkondisian perkara itu. Atas uang suap yang diberikan, disebut mengalir untuk kepentingan pengadilan. Purwono Edi Santoso yang kala itu menjabat Ketua PN Semarang disebut mendapat jatah.

Saksi Jati Prihantoko, seorang advokat yang diperiksa mengakui, mengetahui adanya rencana Ahmad Marzuqi memakai “jalur belakang” dalam menempuh upaya hukum atas kasus korupsi Banpol PPP Jepara. “Jalur belakang”, kata Joko, ditempuh Marzuqi karena sejak tersangkut kasus Banpol ia telah keluar uang banyak untuk mengurusinya.

“September. Saat bertemu di pndopo. Pak Marzuqi menceritakan selama nuruti kasusnya sudah keluar banyak,” kata dia, 9 Juli lalu di depan majelis hakim Aloysius Priharnoto Bayuaji SH MH sebagai ketua majelis, Wiji Pramajati SH MH dan Dr Robert Pasaribu SH MH sebagai hakim anggotanya.

Joko menyebut, pada pertemuannya itu, nama Ali Nur Yahya, Panmud Hukum PN Semarang sudah disebut Ahamd Marzuqi. Ali menurut Marzuqi akan diperbantukan dalam pengurusan “jalur belakang” itu.

“Saat itu Pak Marzuqi juga menyebut sudah mengkondisikan Ali di PN Semarang. Setahu saya hanya ada satu Ali, yakni Ali Nur Yahya di PN Semarang,” bebernya.

Agus Sutisna, anggota DPRD Jepara PPP, saksi yang dihadirkan jaksa KPK mengungkap, membantu pengurusan Ahmad Marzuqi atas kasus korupsi Banpol PPP mengkndisikan. Ia terlibat karena kenal lama Marzuqi.

“Saya sudah ikut pengajian sejak 2011. Beliau lebih ke kyai saya. Sama-sama di PPP Jepara juga,” katanya.

Atas kasus Banpol PPP Jepara yang menjadikan Ahmad Marzuqi tersangka, Agus memberikan masukan hukum. Mengajukan praperadilan atau Peninjauan Kembali (PK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *