Sediakan Video Call Bagi Para Napi

oleh -66 views
WONOSOBO – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonosobo, melakukan terobosan baru di tengah pandemi COVID-19 dengan memfasilitasi “video call” gratis antara narapidana dengan keluarganya di rumah.

Kepala Rutan Wonosobo Yoga Indra Wicaksi mengatakan program ini dinamakan Vicado atau “video call door to door” bagi keluarga narapidana yang tidak mampu.

Dia menjelaskan, petugasnya akan mengunjungi rumah keluarga narapidana yang tidak mampu tersebut untuk melakukan ‘video call’ dengan warga binaan di dalam rutan, ini untuk memberi kemudahan kepada mereka.

“Pada dasarnya warga binaan mendapat kunjungan adalah hak mereka, karena pandemi maka kami melakukan terobosan ini,” ujarnya, Sabtu (3/10).

Layanan sosial ini, kata dia, merupakan pengembangan dari layanan “video call” yang telah berlangsung selama pandemi COVID-19, yakni pihak keluarga datang di rutan kemudian melakukan “video call” dari bilik yang disediakan di depan rutan dengan warga binaan yang ada di dalam rutan. Selama pandemi ini warga binaan tidak boleh menerima tamu secara langsung.

Namun, bagi keluarga yang tidak mampu untuk datang ke rutan dengan mengeluarkan biaya menjadi kendala tersendiri bagi mereka, apalagi di tengah pandemi ini. “Oleh karena itu, petugas rutan mendatangi keluarga napi dengan membawa alat komunikasi kemudian disambungkan dengan peralatan yang sudah disiapkan di dalam rutan sehingga mereka bisa saling berkomunikasi secara virtual,” terangnya.

Dia menyebutkan dari hampir 200 napi/tahanan di Rutan Wonosobo, sekitar 60 persen dari keluarga tidak mampu.

“Oleh karena itu, kami ada inovasi untuk mengunjungi keluarga napi agar bisa melakukan ‘video call’ dan kelihatannya ini baru pertama kali di Indonesia,” tandanya. (obo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *