Rampok di Brebes Gasak Uang Puluhan Juta dan 130 Gram Emas

oleh -140 views

Brebes – Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes berhasil membekuk lima pelaku kawanan perampok yang beraksi di rumah seorang warga. Pelaku merampok dan melakukan kekerasan ke korbannya sebelum akhirnya berhasil kabur usai menggasak uang puluhan juta rupiah dan emas 130 gram.

Polisi yang menyelidiki akhirnya menangkap lima kawanan pelaku rampok itu.
“Mereka ditangkap Kamis (27/9) dini hari,” ungkap Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalui Kasatreskrim Polres Brebes AKP Arwansa, Minggu (30/9/2018).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, dalam penangkapannya, polisi terpaksa melumpuhkan empat dari lima kawanan pelaku. Polisi menembak kakinya karena mereka sempat melawan saat penangkapan.

Kelima pelaku tersebut yakni, Masruri (25), Nur Arifin (28), Suryono (42), Khaerudin (35) dan Arif Gunawan (22) yang semuanya warga Kecamatan Paguyangan.

“Penangkapan dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan jajaranya setelah mendapatkan laporan dari masyarakat,” kata Kasat Reskrim.

Dijelaskannya, dari pemeriksaan sementara, kawanan pelaku terakhir beraksi Agustus 2018 lalu. Meraka melakukan perampokan di sebuah rumah seorang janda di Desa Wanatirta Kecamatan Paguyanagan Kabupaten Brebes.

“Dari aksinya tersebut, mereka berhasil membawa kabur uang tunai puluhan juta dan 130 gram perhiasan emas. Selain itu mereka juga melakukan kekerasan kepada Roimah (47)” jelas dia.

Kasat Reskrim menambahkan, penangkapan pelaku terjadi cukup dramatis. Polisi yang tengah melakukan penyelidikan dan mengetahui keberadaan pelaku harus bekerja keras.

“Pengintaian sudah dilakukan sejak Kamis (27/9) malam sekitar pukul 23.00 WIB dan baru berhasil menangkap dua pelaku yakni Masruri dan Suryono 3 jam kemudian. 45 Menit kemudian, tiga pelaku lainya berhasil ditangkap di tempat persembunyianya masing – masing,” imbuhnya.

Atas perbuatannya, kelima perampok diancam pasal 365 KUHPidana dengan kurungan penjara maksimal 12 tahun. Selain mengamankan pelaku Polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari para tangan tersangka.

“Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan. Di antaranya 1 HP, 1 pisau badik, 1 potong kain warna kuning, 1 potong kain warna hijau, uang tunai Rp 3 juta dan 1 unit sepeda motor,” lanjutnya.edit