Program Padat Karya Polda Jateng Budidaya Ikan dan Aquaponik. Kapolres Diminta Gandeng Bupati

oleh -76 views

Kapolda Jateng di acara launching padat karya.

Semarang – Polda Jateng menggelar program padat karya di sejumlah daerah bagi warga, korban pemutusam hubungan kerja (PHK), dampak pandemi covid -19.

Program Padat Karya Polda Jateng pertama dilaunching lewat penyebaran 10.000 benih Ikan lele di Kabupaten Semarang, Senin (6/7/2020).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi S.H.,S.St., M.K memimpin langsung pembukaannya di RT 03 RW 03 Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Padat karya berbentuk budidaya ikan konsumsi dan aquaponik.

Dalam sambutannya, Kapolda menjelaskan Program Padat Karya dilaksanakan di beberapa lokasi di beberapa kabupaten dan kota dengan satu koordinator di setiap lokasi. Diantaranya di Kota Semarang 3 tempat, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Semarang.

Di Kabupaten Semarang, padat karya dilakukan dengan membuat 12 kolam buatan. Kolam dibuat di pekarangan rumah milil Budi Widarnoto, Ketua DPC SPN Kabupaten Semarang. Ke-12 kolam tersebut berisi masing-masing 10 ribu benih lele dan seribu benih ikan nila.

“Di sini merupakan tempat yang pertama sebagai contoh dan nantinya kita rencanakan seluruh kabupaten dan kota melakukan program padat karya, para Kapolres kita perintahkan untuk menggandeng Bupati untuk bersama sama dalam rangka Saintific Problem Solving Covid-19,” jelas Kapolda.

Sementara, Ketua DPC SPN Kabupaten Semarang Budi Widiartono menyampaikan terimakasih kepada Polri.

“Ini merupakan program yang luar biasa untuk Jawa Tengah. Juga merupakan program sangat kami tunggu dalam rangka komunikasi antara Polri dan Pekerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya para anggota kami,” ucap dia.

Sebelumnya Polda Jawa Tengah telah melaksanakan beberapa program bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19. Di antaranya setiap hari Kamis menggelar bakti sosial di seluruh polres jajaran Polda Jateng kemudian setiap hari Jumat membuka dapur umum dengan menggandeng TNI dan masyarakat sekitar.

Program lainya adalah kampung siaga sebanyak 3.971 dengan Polri sebagai fasilitator. Kampung Siaga Polda Jawa Tengah sempat mendapat Apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan dijadikan percontohan untuk Polda yang lain.

“Bagi mereka yang terdampak maupun mereka yang terimplikasi terdapat masyarakat positif corona, apalagi itu serikat pekerja agar bisa ditanggulangi dengan cara-cara seperti ini. Kita harapkan program padat karya ini sangat bermanfaat bagi para buruh yang terdampak Covid – 19 ” kata Kapolda

Kegiatan tersebut dihadiri PJU Polda Jateng, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono, Bupati dr. H. Mundjirin ES, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Semarang Ir Fendiawan Tiskiantoro, M.Si.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *