Pencurian Uang Kotak Amal Masjid di Pemalang Digagalkan

oleh -72 views

Pemalang – Aksi pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Baiturrohim  Dusun Kecepit RT 02 RW 11 Desa Banjarmulya Kec/Kabupaten Pemalang. Pelakunya, Iswantoro berhasil diamankan petugas setelah kepergok membobol kota infak masjid itu.

“Saat ini kasus tersebut masih dalam penyidikan Polsek Pemalang. Menurut pengakuan tersangka, yang bersangkutan sudah 2 kali mengambil uang kotak amal di masjid tersebut,” kata seorang petugas Reskrim Polsek Pemalang mengungkapkan, Minggu (29/7/2018).

Dijelaskannya, pencurian dilakukan Iswantoro Minggu (22/7) sekitar pukul 12.30 WIB. Bermula saat Wari warga yang tinggal di depan Masjid Baiturrohim melihat Iswantoro masuk ke dalam masjid.

Selanjutnya saksi mengintip lewat pintu belakang rumah yang letaknya berhadapan dengan masjid karena curiga dengan gelagat [elaku. Semakin curiga karena yang dikiranya mau sholat namun tidak mengambil air wudhu lebih dulu.

Semakin penasaran dengan kelakuannya, Wari terus mengintip dan ternyata sedang membuka kotak amal dengan menggunakan kunci palsu. Tahu hal itu, ia lalu lapor ke sejumlah warga lain hingga akhirnya menggerebek dan mengamankannya.

“Saat itu pelaku sedang menghitung dan merapikan uang, serta posisi kotak amal sudah bergeser dari tempat semula dan kunci gemboknya sudah lepas posisi di lantai. Kemudian pelaku dibawa ke rumah H Sodikin dan menghubungi pengurus masjid,” kata petugas.

Akibat kejadian itu, pihak masjid Baiturrohim mengalami kerugian uang dalam kotak amal senilai Rp 152.500.edit