Pencurian Kain Batik di Pekalongan Diungkap Polisi

oleh -103 views
Ilustrasi pencurian kain batik.

PEKALONGAN – Kasus pencurian kain bati di Kota Pekalongan diungkap polisi. Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, melalui operasi Cipta Kondisi yang digelar tiga hari terakhir mengungkap kasusnya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pencurian terjadi atas 100 lembar kain batik. Dalam kasus itu polisi mengamankan seorang pelaku berinisial Her (31) warga Kecamatan Tirto.

Terungkapnya kasus pencurian berawal saat pelaku datang ke rumah korban untuk mencari pekerjaan. Ketika itu, tersangka hanya bertemu dengan anak korban yang masih kecil.

“Pelaku melihat tumpukan kain batik dan dicurinya,” kata Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu Rabu, (8/5/2019).

Beruntung, aksi tersangka tersebut terekam oleh CCTV (closed circuit television). Atas kejadian itu, korban langsung melaporkan ke Polsek Tirto.

Hasil penyelidikan, polisi menangkap tersangka di rumahnya. Polisi juga mengamankan barang bukti kain batik yang telah dijual tersangka.

“Barang bukti kain batik dijual pada orang lain dan disita,” katanya.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Sementara kepada petugas, tersangka Her mengatakan pada awalnya dirinya tidak berniat mencuri. Namun pada saat ada kesempatan ia mengambil kain batik.

“Saya sudah dua kali mencuri kain batik. Barang hasil curian yang pertama sudah laku terjual sedangkan yang kedua belum sempat terjual,” katanya mengaku menyesal. dit