Pemudik Jalur Tol Bisa Keluar di Batang

oleh -77 views

Batang – Setelah Tol Pejagan-Pemalang dengan pintu keluar Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit), pemudik jalur tol bisa langsung keluar Batang. Humas PT Pemalang-Batang Tolld Road, Sartono mengatakan, pintu keluar yang berpotensi dipadati pemudik adalah Kandeman, Kabupaten Batang, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pemalang-Batang.

“Pemudik dari Jakarta bisa langsung menyusuri Jalan Tol Trans Jawa dengan melintasi beberapa ruas tanpa harus keluar tol hingga exit toll Kandeman,” jelas Humas PT Pemalang-Batang Toll Road Sartono kepada Tim Merapah Trans Jawa, Minggu (3/6/2018).

Sartono menuturkan, saat ini perkembangan konstruksi Tol Pemalang-Batang sudah mencapai 80 persen untuk keseluruhan bagian yang sudah dalam kondisi rigid pavement, dan fleksibel. Saat mudik levaran nanti, Tol Pemalang-Batang sudah bisa digunakan secara fungsional.

Bagi pemudik yang hendak ke Pekalongan dan sekitarnya bisa keluar lewat exit toll Kandeman. Sementara bagi pemudik yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Semarang bisa lanjut menyusuri Tol Batang-Semarang.

“Mengenai waktu pelaksanaan pembukaan secara fungsional, kami menyerahkan kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas). Demikian halnya jam fungsional, kewenangannya ada pada Korlantas,” kata Sartono.

Sartono menuturkan, di sepanjang jalan tol ini hanya ada dua rest area, tepatnya di kawasan Klan Depok dan Candi Areng. PT Pemalang-Batang Toll Road menyediakan fasilitas berupa mushala, tempat istirahat, hingga toilet, namun tidak ada SPBU.

Jalan Tol Pemalang-Batang merupakan salah satu yang perlu mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Pasalnya, masih banyak spot-spot yang belum rampung pada proyek sepanjang 39,2 kilometer ini.

Jalan tol ini terbagi ke dalam empat paket pekerjaan. Kondisi aktual Paket I (6,5 kilometer) dan Paket 2 (5.5 kilometer) mulus tak bergelombang. Jalur yang nantinya akan digunakan para pemudik terpantau sudah dilakukan perkerasan, baik dengan menggunakan rigid pavement maupun aspal untuk kedua jalurnya.

Kondisi Paket 3 sepanjang 17,8 kilometer, tanah terbuka masih mendominasi. Pekerjaan untuk paket ini tidak dilakukan oleh PPT pemalang Batang Toll Road, melainkan PT Sumber Mitra Jaya (SMJ).