Pemkab Pekalongan Terapkan Sistem Zonasi Mikro untuk Tekan Kasus COVID-19

oleh -84 views

Foto Antara

Pekalongan – Pemerintah Kabupaten Pekalongan, JawaTengah, siap menerapkan sistem zonasi mikro di setiap desa wilayah setempat sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 secara masif.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di Pekalongan, Selasa (9/2/2021), mengatakan bahwa sistem zonasimikro desa ini merupakan bagian pengerucutan zona keamanan daerah yang bertujuan untuk menurunkan angka penyebaran COVID-19 di daerah ini.

“Saat ini sistem zonasi tersebut sudah dibicarakan pada tingkat internal dan sudah ada prototipenya yang bisa dijadikan langkah awal pengambilan kebijakan.

“Adapun untuk perkembangannya, saat ini sistem tersebut sudah dibicarakan pada tingkat internal dan sudah ada prototipenya yang bisa dijadikan langkah awal pengambilan kebijakan,” katanya.

Asip mengatakan sistem zonasimikro itu mencontoh Desa Pakis Putih, Kecamatan Kedungwuni yang sebagian besar warganya bekerja pada bidang usaha konveksi dengan mobilitas kerja yang tinggi tetapi di wilayah tersebut menyandang status zero COVID-19.

“Oleh karena itu, kami akan menerapkan sistem itu sesuai dengan tipe zonasi yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah. Saya meyakini nantinya perkembangan COVID-19 akan semakin turun,” katanya.

Ia minta masyarakat mendukung kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah daerah dalam rangka penerapan sistem mikro zonasi tersebut.

“Insya Allah, melalui cara seperti itu maka zonasi mikronya kami bisa terapkan di setiap desa. Kemudian dari aspek pelayanan kesehatan juga akan terus kami tingkatkan,” katanya.

Sumber Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *