Pegiat Seni Dituntut Semakin Kreatif

oleh -44 views
PATI – Para pegiat seni budaya, termasuk keroncong dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan pentas keroncong secara virtual melalui facebook, instagram maupun youtube.

Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto pengukuhan pengurus cabang Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Kabupaten Pati masa bakti 2020-2025 di Pendapa Kabupaten Pati.

Menurutnya, para pegiat seni harus kreatif memanfaat teknologi media sosial. Sebab, di tengah pandemi, kegiatan pentas dan pagelaran seni budaya, seperti orkes keroncong tidak dapat dilakukan secara langsung dan dihadiri banyak penonton.

“Jadi tidak harus terpaku pada kegiatan pentas di panggung seni dan budaya saja. Tetapi juga harus kreatif dan inovatif menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini,” kata bupati, Kamis (15/10).

Disampaikan, dengan kreativitas dan inovasi seperti itu, diharapkan akan muncul generasi muda artis-artis keroncong dari Kabupaten Pati yang mampu melanjutkan kiprah para legenda musik keroncong, seperti maestro almarhum Gesang dan Waljinah.

Menurutnya, dengan banyaknya generasi muda yang menyukai musik keroncong, juga dapat melestarikan musik khas Indonesia ini, sehingga keroncong bisa berdiri sejajar dengan musik lainnya.

Bupati berharap, HAMKRI sebagai wadah para artis musik keroncong dapat bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Pati dalam mengembangkan dan melestarikan musik keroncong. Dan kepada pengurus yang baru, diharapkan dapat melahirkan generasi artis keroncong milenial, sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk mengembangkan dan mem-viralkan musik keroncong.

“Semoga dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, terutama dalam usaha menjaga, mengembangkan dan melestarikan seni musik Keroncong di Kabupaten Pati,” harap bupati.(ita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *