Operasi Yustisi Protokol Covid-19 Ditlantas Polda Jateng Terapkan Sanksi Psikologis

oleh -38 views

Dua pengendara kendaraan bermotor yang terjaring operasi yustisi disanksi push up. (Foto : Prie)

Semarang – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng gencar melakukan operasi yustisi terkait penerapan protokol Covid-19. Sasarannya sejumlah pengendara kendaraan bermotor di wilayah Jawa Tengah.

Memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat pengendara kendaraan bermotor di Jawa Tengah, petugas menerapkan sanksi psikologis.

Sanksi ini diharapkan dapat mendidik akan sadar pentingnyabermasker dengann tidak terkesan menekan.

Direktur Polda Jateng Kombes Pol. Drs. M. Rudy Syafirudin,SIK mengatakan, operasi yustisi protokol Covid-19 dimaksudkan agar pengendara kendaraan bermotor mendapatkan sentuhan psikologis.

“Sehingga kesadaran disiplin berlalu lintas agar selamat dalam berkendara. Kesadaran tersebut salah satunya adalah dengan suka rela memakai masker untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor, sehingga bebas dari ancaman Covid-19,” kata dia kepada INFOPlus, Rabu (15/9/2020).

Menurutnya, sanksi yang diterapkan itu bersifat unik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Di antaranya agar melengkapi perlengkapan kendaraan berikut surat-suratnya, termasuk memakai masker.

“Sanksi unik yang lain seperti diminta untuk menghafal teks Pancasila, push up dan juga menyapu jalan,” lanjutnya.

Polda Jateng berikut TNI melaksanakan operasi yustisi masker. Dalam operasi yang juga melibatkan penegak hukum selain kedua institusi tersebut, diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Petugas Ditlantas Polda Jateng saat menggelar operasi yustisi masker.

Operasi dilatarbelakangi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan kedisiplinan protokol kesehatan.

Pelaksanaan operasi yustisi dilaksanakan secara persuasif.

(prie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *