Operasi Pasar Diperluas, Harga Harus Segera Turun

oleh -61 views
Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti saat memberikan keterangan pada acara pelepasan Operasi Pasar Beras Medium. Foto : suaramerdeka

Jakarta (INFOPlus)  –Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap Operasi Pasar Beras Medium yang ditugaskan pemerintah kepada Perum Bulog dapat membuat harga komoditi pokok tersebut segera turun.

“Dalam satu dua hari kedepan, karena kita lakukan dengan masif dan memperluas operasi pasarnya hingga nantinya 1800 titik, maka saya berharap harusnya harga beras medium bisa turun. Kalau belum juga turun, akan kita lihat apa penyebabnya,” kata Enggartiasto pada acara pelepasan Operasi Pasar Beras Medium yang ditugaskan pemerintah kepada Perum Bulog, di Gudang Bulog Divre DKI, Kelapa Gading Jakarta Utara, Selasa (9/1/2018).

Menurut dia karena dengan harga jual beras medium pada operasi pasar ini Rp9.300 per kilogramnya, maka diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan harga yang wajar, serta menstabilkan harga komoditi tersebut, yang pada akhir 2017 dan awal 2018 ternyata melonjak.

Lewat operasi pasar ini pemerintah hadir untuk melawan spekulan. “Maka demi melindungi rakyat dari ulah spekulan, maka pemerintah harus hadir mengintervensi pasar. Dan Bulog melakukan penugasan dengan pengawalan Satgas. Juga kita koordinasi dengan Disperindag di seluruh titik operasi pasar. Yang mana kita fokus ke pasar tradisional,” katanya.

Dia meminta Kapolri mem-backup operasi pasar yang digelar di seluruh Indonesia. “Untuk mensukseskan operasi pasar ini, seluruh eselon 1 saya perintahkan jadi korwil, demi untuk memantau perkembangan yang terjadi saat dilakukannya operasi pasar,” jelas Enggartiasto.

Menurut dia stok beras untuk operasi pasar itu dinamis. Didukung seluruh Divre dan Sub Divre Bulog, akan digelontorkan stok sampai harga stabil. edi

Sumber : Suara Merdeka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *