Modusnya Diajak Ambil Uang. Pinjam Motor, Tak Dikembalikan

oleh -12 views
PURWOREJO – Satreskrim Polres Purworejo berhasil meringkus W (47), pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor.

Pelaku diketahui merupakan warga Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo.

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Agil Widiyas menjelaskan, kasus penipuan dan penggelapan motor ini berawal saat pelaku datang dari Yogyakarta dengan mengendarai ojek dan berhenti di rumah Panggung, warga Dusun Krajan Rt. 02 Rw. 01 Desa Semagung, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Selanjutnya pelaku datang menghampiri korban Basuki, di rumahnya Dusun Krajan Rt. 02 Rw. 01 Desa Semagung, Kecamatan Bagelen, Purworejo dan kemudian meminta untuk diantarkan ke daerah Loano, dengan alasan untuk mengambil uang.

Korban dan pelaku berhenti di sebuah warung, dan pelaku berdalih untuk meminjam 1 unit sepeda motor roda dua merek Honda tipe Beat dengan No. Pol AA-3946-TV, dengan alasan mengambil uang.

Setelah ditunggu beberapa saat, ternyata pelaku tidak kembali dan korban menyadari bahwa telah menjadi korban penipuan atau penggelapan yang dilakukan oleh pelaku.

Agil menambahkan, setelah dilakukan penyelidikan dan didapatkan informasi bahwa pelaku yang telah melakukan tindak pidana penipuan atau penggelapan.

“Kemudian dilakukan penyelidikan keberadaan pelaku dan mendapatkan informasi bahwa pelaku mengontrak rumah milik warga di Cirebon, Jawa Barat,” katanya.

Selanjutnya pelaku diamankan dan diserahkan ke Unit I Sat Reskrim Polres Purworejo guna proses lebih lanjut.

“Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Tindak pidana Penipuan atau Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP dengan pidana penjara paling lama empat tahun,” pungkasnya.(rjo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *