Minuman Terbaik Bagi Ibu Hamil dan Janin

oleh -230 views
Ilustrasi ibu hamil.
INFOPLUS– Bagi wanita yang sedang hamil, penting tidak bisa makan atau minum sembarangan. Pasalnya, salah-salah bisa berdampak pada janin dalam rahimnya.
Seperti mengonsumsi kopi dan minuman lain dengan kandungan kafein tinggi, akan berisiko cacat dan lahir secara prematur pada janin.

Harus memerhatikan hal penting bagi para calon ibu atas setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ke dalam tubuhnya agar janin tetap sehat.

Beberapa minuman yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari bagi calon ibu, yakni ;

Pertama, Air putih

Minuman ibu hamil yang sangat disarankan adalah air putih. Minuman ini sangat cocok untuk menghindari dehidrasi dan juga melancarkan kinerja dari organ tubuh lainnya seperti ginjal dan kandung kemih.

Konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas setiap hari. Penuhi kebutuhan ini agar janin yang ada di dalam rahim juga sehat. Anda bisa membagi air putih ke beberapa jam makan agar tidak merasa terlalu banyak.

Kedua, Air kelapa

Mengapa air kelapa muda atau kelapa apa pun baik untuk wanita yang sedang hamil? Jawabannya ada pasca kemampuan dari air kelapa dalam mengatasi dehidrasi dengan cepat. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak sekali ion dan garam alami yang baik dan bisa membuat wanita tidak mudah lemas.

Ketiga, Air perasan jeruk lemon

Perasan air lemon yang ditambah dengan air dan gula rendah kalori baik untuk memberikan kesegaran tubuh. Selain itu, air jeruk ini juga bisa meningkatkan daya tahan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kalau Anda memiliki masalah dengan lambung, kurangi konsumsinya atau hanya gunakan sedikit lemon agar tidak memicu nyeri di lambung.

Keempat, Jus buah

Jus buah segara sangat cocok untuk dijadikan minuman ibu hamil, apalagi kalau Anda tidak terlalu suka sayur. Buah akan memberikan suplai serat yang mencegah sembelit. Selain itu, buah juga baik untuk memberikan aneka vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan ibu dan janin.

Lelima, Olahan susu

Olahan susu bisa dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Susu yang dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi smooties dengan buah atau dibuat menjadi yoghurt mengandung kalsium, protein dan B12 yang baik untuk ibu dan juga pertumbuhan dari janin.