Legislator Jangan Jadi Eksekutor. Ketua DPRD Jateng Sebut Bisa Saja Anggota Dewan Korupsi

oleh -82 views

SEMARANG – Anggota DPRD Jawa Tengah diminta tidak berperan sebagai eksekutor dalam pembangunan di provinsi ini.

“Saya berharap anggota DPRD Jateng profesional menjalankan tiga tupoksinya yakni legislasi, budgeting, dan kontrol. Jangan melaksanakan tugas eksekutif. Kita ini bukan eksekutor,” ujar Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, Senin (18/11).

Dia juga mengajak jajaran pemerintah daerah bekerja profesional dan menjauhi perilaku korup. Hal itu diperlukan untuk mendukung langkah Presiden Jokowi dalam mempercepat pembangunan ekonomi.

Menurutnya, penegasan tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkompimda di Bogor pada Rabu (13/11) lalu.

“Saya meminta imbauan Presiden itu benar-benar dilaksanakan, tidak hanya oleh anggota legislatif, tapi juga pemerintah daerah di provinsi dan kabupaten/kota,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Krebo ini.

Dia menegaskan, perilaku korupsi akan menghambat pembangunan. Terlebih, perilaku tersebut tidak mengenal kelembagaan baik itu legislatif, eksekutif, kepolisian, hingga kejaksaan.

Di lembaga legislatif termasuk DPRD Jateng yang saat ini dia pimpin bisa saja terjadi. Karenanya dia berpesan khususnya kepada anggota DPRD Jateng untuk profesional melaksanakan tugasnya dan tidak bertindak di luar kewenangan.

Seperti diketahui, dalam Rakornas itu Presiden Jokowi memberikan tekanan kepada jajaran Polri dan Kejaksaan untuk serius mendukung investasi, bukan malah menghambat. Karenanya dia meminta proses perizinan yang menyulitkan untuk dipermudah.

“Sebab investasi ini sangat dibutuhkan pemerintah daerah dan masyarakat,” tandasnya. (mht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *