Kurang dari Tiga Jam, Jambret di Mertoyudan Berhasil Dibekuk

oleh -77 views

Magelang – Pelaku Jambret diketahui berinisal IR alias W, 28 tahun berhasil diamankan petugas kurang dari tiga jam usai beraksi.

Dia dibeekuk petugas Unit Reskrim Polsek Mertoyudan Polres Magelang dipimpin Kanit Reskrim Aiptu Heri Purwanto di daerah Tempuran, Senin, (20/8/2018).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, IR alias W warga Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran dan bertempat tinggal Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.

“Pelaku melakukan aksinya di wilayah Jogonegoro Mertoyudan dengan korban Ika Rahayu Setyaningsih, 26, mahasiswa, alamat Dsn. Pogung Lor Rt. 001 Rw. 046 Ds. Sinduadi Kec. Mlati Kabupaten Sleman,” ungkap Aiptu Heri Purwanto, Selasa (21/8/2018).

Korban menerangkan bahwa, Senin, (20/8) sekitar pukul 12.45 Wib ia sedang mengendarai Sepeda Motor dari arah Kantor BRI Tanjung menuju Kalinegoro, sesampainya di TKP sekitar pukul 13.00 wib. Tiba-tiba dari arah belakang sebelah kanan ia dipepet penhendara motor Yamaha hitam dan langsung mengambil Hp merek Samsung J Pro warna gold yang ditaruh di saku jaket kanan.

Pelaku sendiri kabur ke arah Dusun Jetis Desa Kalinegoro. Korban sambil berteriak mengikuti pelaku sehingga menjadi perhatian warga dan ikut mengejar. Saat dikejar ia bersama warga kehilangan jejak dan karena ketakutan ditangkap warga dia lari meninggalkan SPM Yamaha yang dipakai di pinggir jalan dalam keadaan ambruk, dengan keajadian ini ia melapor ke Polsek Mertoyudan, imbuhnya.

Ketika petugas sampai di lokasi, ditemukan kendaraannya, sementara pelaku sudah melarikan diri. Dari hasil pengembangan petugas mendapatkan informasi pelaku bekerja di salah satu proyek di daerah Tempuran Magelang.

“Dengan bantuan pimpinan proyek pelaku kurang dari tiga jam bisa diamankan di tempat kerjanya,” terang Kapolsek Mertoyudan AKP Panca Widarsa.

Pelaku kepada petugas menerangkan bahwa dia melakukan kejahatan tersebut baru sekali.

“Rencananya hasilnya untuk membayar hutang ” ujar IR.

Pelaku IR dan barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Force 1 Nopol AA-3909-ZD warna hitam kini diamankan di Polsek Mertoyudan untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. Tersangka IR dijerat pasal 362 KUHP pencurian dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara.edit