KPU Kendal Siapkan Coklit Data Pemilih

oleh -179 views

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria

Kendal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal tengah mempesiapkan pemutahiran data pemilih untuk Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, tengah menyiapkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) dan penyusunan data pemilih.

Proses coklit data pemilih tersebut akan dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Mereka mulai aktif bekerja pada 15 Juli 2020- 13 Agustus 2020 mendatang.

“Saat ini proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Tahapan ini, hampir sama dengan daerah lainnya yang juga menggelar Pilkada Serentak,” kata, Hevy saat dikonfirmasi, Selasa (7/7/2020).

Hevy menyampaikan, tahapan ini, sempat tertunda dari KPU Pusat sebelumnya. Saat ini, KPU Kendal sudah melantik Panitia pemungutan suara (PPS) sehingga tinggal menetapkan masa kerja.

Karena di Kendal tidak ada calon perseorangan maka tidak ada proses verifikasi syarat dukungan calon perseorangan.

“Seluruh tahapan Pilkada nantinya selama Pandemi, harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Sehingga semua petugas, PPK, PPS, PPDP dan KPPS dilengkapi alat pelindung diri ( APD). Memakai masker, hand sanitizer, sarung tangan dan lainnya, dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” terang dia.

“Begitu juga saat petugas melakukan untuk pendataan ke rumah warga. Selain dilengkapi APD, petugas diminta melakukan tatap muka bisa jaga jarak,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kebijakan ini sesuai dengan anjuran pemerintah dan KPU RI untuk menghadapi di masa pandemi Covid-19. KPU RI juga telah mengeluarkan standar protokol pencegahan Covid-19 di setiap tahapan Pilkada.

“Seluruh petugas yang ada dibekali dengan APD untuk melaksanakan setiap tahapan. Sehingga diharapkan masyarakat juga dapat menyambut positif dengan dilanjutkannya tahapan Pilkada tahun 2020 ini,” harap dia.

“KPU Kendal sudah melantik Panitia pemungutan suara (PPS) sehingga tinggal menetapkan masa kerja. Karena di Kendal tidak ada calon perseorangan maka tidak ada proses verifikasi syarat dukungan calon perseorangan,” terang dia.

(rio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *