Kemarau, Warga Pemalang Kesulitan Air dan Harus Antre Seharian

oleh -58 views

Pemalang –  Para ibu-ibu, warga di Desa Siremeng, Pulosari, Pemalang harus rela antre untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-harinya. Hal itu dilakukan warga setelah beberapa minggu ini mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga harus rela mengantre di tempat penampungan air yang berasal dari sumber mata air.  Memasuki musim kemarau, sumber mata air semakin berkurang debitnya sehingga aliran air sedikit.

“Sudah mulai kesulitan air bersih. Sudah sekitar sebulan yang lalu. Untuk mendapatkan air bersih harus antri hingga sehari dari Sumber Mata Air Pesamoan, ” kata seorang warga, kemarin.

Warga harus antre dan memikul jerigen berisi air yang jaraknya cukup jauh. Dalam satu pikul terdapat 4 derijen, dan itu bisa didapatkan selama sehari jika antrian banyak.

Selama ini warga mengandalkan sumber mata air Pesamoan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci bahkan dikonsumsi. Kini karena debit berkurang, warga harus antri sesuai urutan.

Warga berharap agar tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih, apalagi saat ini air merupakan kebutuhan pokok setiap harinya.edit