Juru Kunci : Panasnya Semlengit, Suaranya Gludag Gludug

oleh -13 views
YOGYAKARTA – Aktivitas Gunung Merapi terus meningkat. Seperti diketahui saat ini status Merapi adalah Siaga atau berada di level III. Juru kunci Merapi pun merasakan tanda-tanda peningkatan aktivitas yang cepat.

Juru Kunci Merapi Mas Kliwon Suraksohargo Asihono alias Asih mengimbau masyarakat tetap waspada. Jangan sampai lengah memperhatikan gunung berapi tersebut.

“Kalau Merapi menurut saya ada satu peningkatan agak cepat. Jadi (masyarakat) harus hati-hati untuk menjaga keselamatan jangan sampai lengah untuk memperhatikan Merapi itu sendiri,” kata Mas Asih saat ditemui di kediamannya Huntap Karang Kendal, Pelem Sari, Umbulharjo, Cangkringan, Sabtu (7/11/2020).

Mas Asih sang juru kunci mengatakan alam telah memberikan pertanda peningkatan aktivitas Merapi. Salah satunya berupa suara guguran dari puncak gunung dan sinyal kegempaan.

“Guguran suaranya gludug-gludug mungkin ada batu yang jatuh suaranya gembludug atau sinyal itu meliuk-liuk karena getaran dari guguran tersebut,” sambungnya.

Dia juga merasakan cuaca di lereng Merapi terasa panas selama beberapa waktu terakhir.

“Memang ada peningkatan suhu. Hari ini panasnya agak semlengit. Sejak kemarin panas itu ada peningkatan,” ungkapnya.

Sebagai juru kunci, Mas Asih mengaku tidak ada ritual khusus untuk mencegah dampak buruk dari erupsi Merapi. Dia menilai warga sekitar sudah paham dengan kondisi Merapi.

“Tidak ada selamatan, hanya ada doa bersama memohon kepada Tuhan semoga warga masyarakat di kawasan bencana mudah mudahan bisa selamat dan tidak ada korban,” paparnya.

Sumber : detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *