Jumatan 27 Maret 2020? Ini Tausiyah MUI

oleh -227 views
SEMARANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah membuat tausiyah kepada seluruh pengelola masjid dan segenap umat Islam se-Jateng agar tidak menyelenggarakan salat Jumat pada 27 Maret 2020.

MUI Jateng meminta jamaah menggantikan salat Jumat dengan shalat Zuhur di kediaman masing-masing.

Tausiyah tertulis tersebut dikeluarkan di Semarang, Selasa (24/3), ditandatangani Ketua Umum MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji, Sekretaris Umum KH Muhyiddin, dan Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Tengah KH Ahmad Hadlor Ichsan.

Selain tidak melaksanakan salat Jumat, MUI Jawa Tengah juga menyerukan para pengelola masjid agar tidak menyelenggarakan jamaah salat rawatib/jamaah salat lima waktu.

Termasuk tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan orang banyak baik di masjid atau di tempat lain.

Dalam tausiyah tersebut MUI Jawa Tengah menegaskan untuk pelaksanaan salat Jumat selanjutnya akan dikeluarkan tausyiah berikutnya sesuai dengan perkembangan situasi.

Tausiyah dikeluarkan setelah mendengar, memperhatikan, dan menimbang pendapat dan usulan peserta rapat Komisi Fatwa. Selain itu, merujuk Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19. “Tausiyah MUI Jateng ini melalui pertimbangan yang komprehensif sehingga diharapkan dapat menjadi acuan seluruh masjid dan musala,” kata Kiai Darodji.(mht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *