Harga Pangan di Kabupaten Semarang Naik Jelang Ramadhan

oleh -90 views

Ungaran – Satu pekan jelang Ramadan, harga kebutuhan pangan di Kabupaten Semarang mulai naik.

Kenaikan harga tersebut berkisar antara 10 persen dibanding pekan lalu.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha memantau langsung harga-harga bahan kebutuhan tersebut di Pasar Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

“Meski ada kenaikan, tapi ini masih cenderung stabil. Kita terus monitor ke pasar-pasar, kita utamakan stok dulu yang aman,” jelasnya, Kamis (8/4/2021).

Ngesti mengungkapkan harga kebutuhan yang naik di antaranya daging ayam antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kilogram, minyak goreng naik Rp 2.000, gula per kilogram naik Rp 20.000.

Sementara untuk harga kebutuhan sayur, cenderung turun. Di antaranya cabai dari Rp 70.000 menjadi Rp 50.000 per kilogram, tomat dan kol juga turun Rp 1.000 per kilogram.

Dalam kesempatan tersebut, Ngesti juga membagikan hand sanitizer serta masker kepada pembeli dan penjual di Pasar Bedono.

Selain itu, diberikan juga kupon undian berhadiah untuk pembeli yang berbelanja di atas Rp 50.000 serta disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Nanti kupon ini akan diundi dan yang beruntung mendapatkan total hadiah Rp 4 juta. Dananya berasal dari dana desa,” jelas Ngesti.

Sementara Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo mengatakan telah menugaskan Satgas Pangan untuk monitoring harga dan stok kebutuhan pangan.

“Harapan kita tentu tidak ada penimbunan stok kebutuhan pangan, kedua pertahankan harga tetap stabil. Kita koordinasi dengan pemerintah daerah, kalau dibutuhkan operasi pasar nanti langsung bergerak,” ungkapnya.

Pedagang daging ayam, Neni mengungkapkan kenaikan harga sudah berlangsung sekitar lima hari.

“Sekarang harganya sampai Rp 38.000 sampai Rp 40.000 per kilogram, kemarin itu hanya kisaran Rp 33.000. Kalau untuk stok memang aman tidak ada masalah, kiriman lancar,” ungkapnya.

Sumber Kompas

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.