GMPK Kota Semarang Dirikan Koperasi

oleh -96 views
Acara halal bihalal anggota GMPK Kota Semarang.

Semarang –Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang mendirikan adanya Koperasi Serba Usaha (KSU). Pembentukannya sebagaimana gagasan dan amanat dari GMPK pusat.

Seorang pengusaha karung plastik asal Genuk, Semarang, Muhammad Nastain, didaulat menjadi ketuanya usai rapat dan halal bihalal GMPK di Aula Kedai Pringgading, Jalan Pringgading, nomor 63, Kota Semarang, Minggu (16/6/2019).

Nastain, diberi tugas segera melengkapi keanggotaan KSU GMPK SI Cabang Kota Semarang dengan batas maksimal satu bulan. Di antaranya melengkapi 20 anggota, sebagaimana Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia, nomor: 10/Per/M.KUKM/IX/2015, tentang Kelembagaan Koperasi.

“Sampai saat ini sudah ada 17 calon anggota yang daftar, jadi mencari titik amannya akan menambah 10 anggota lagi,”kata Muhammad Nastain.

Sejumlah strategi dalam pengembangan KSU kedepannya telah disiapkan. Dengan dukungan sejumlah sesepuh GMPK Semarang, yang bepengalaman di dunia usaha dan koperasi, seperti Ong Budiono, Marsudi, Sudibyo dan Sudiyono, Nasta mengaku optimis mengembangkan.

“Secara global saja koperasi dibutuhkan, apalagi untuk pengembangan organisasi. Untuk itu, dalam waktu dekat kami akan sowan dengan Dinas Koperasi Semarang, demi mempercepat proses pendirian cabang dan bermanfaat untuk organisasi,”sebutnya.

Wakil Ketua GMPK Semarang, Ong Budiono, menyampaikan, pendirian KSU GMPK SI Cabang Kota Semarang merupakan amanah DPP (Dewan Pengurus Pusat). Diharapkan kedepan bisa membantu memberikan operasional jalannya program kerja GMPK.

“Nanti pengelolaan KSU GMPK SI cabang Semarang juga harus profesional. Kami juga ndak mewajibkan semua anggota maupun pengurus GMPK Semarang, harus menjadi anggota KSU, melainkan siapa yang mau daftar kami persilahkan, karena di dalamnya ada iuran anggota baik rutin dan seumur hidup, jadi nanti masyarakat umum bisa jadi anggota KSU,”jelasnya. (far)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *