Ganjar Belum Siap Terapkan New Normal di Jateng

oleh -114 views

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo belum siap menerapkan new normal di wilayahnya. Menurutnya, new normal bakal diuji coba ke daerah yang sudah menjadi zona hijau Corona.

Ia mengaku masih menyusun instruksi untuk new normal sebelum diterapkan. Menurutnya, yang lebih diperhatikan yaitu norma dahulu sebelum menuju kenormalan baru.

“Saya karena ada permintaan banyak sekali dari masyarakat terkait new normal ini, maka kita new norma dulu. Kemarin banyak masukan ke kami dan Pak Wagub sehingga kita kumpulkan, bagaimana evaluasinya,” kata Ganjar di kantornya, Senin (8/6/2020).

Dikatakannya, norma atau kebiasaan itu bakal diterapkan mulai dari tingkat bawah. Sehingga ketika new normal berjalan maka sudah siap.

“Kalau kita bicara keseluruhan, belum new normal kita. Maka normanya kita siapkan agar normalnya mereka tidak gendandapan (panik terburu-buru), sehingga nantinya mereka lebih bisa siap,” tegasnya.

Dijelaskanya, beberapa daerah hijau di antaranya seperti Banyumas, Kota Tegal.

“Saya minta diterapkan, saya bilang uji coba dulu agar mereka latihan,” terangnya.

Sektor yang akan menerapkan new normal antara lain sektor peribadatan, perkantoran, industri, perdagangan, pendidikan dan pariwisata. Beberapa daerah hijau yang akan menerapkan new normal, diharuskan memegang pedoman norma baru yang akan disusun.

“Bentuknya nanti mungkin instruksi gubernur (Ingub), atau bisa juga nanti instruksi ketua gugus tugas. Kita sedang susun, dalam waktu dekat segera kami umumkan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Sinoeng Rachmadi menambahkan di sektor pariwisata tetap belum akan dibuka untuk umum. Namun persiapan menuju new normal akan dilakukan dengan simulasi di Borobudur.

“Beberapa destinasi pariwisata di Jateng sudah melakukan simulasi normal baru. Rencananya, Rabu (10/6) besok kami menggelar simulasi di Borobudur untuk persiapan ini,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *