Forum Anak Ingatkan Listrik dan Internet Wilayah Pelosok

oleh -57 views
BANYUMAS – Pendidikan di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini banyak mengalami penyesuaian, utamanya mengenai sarana dan prasarana.

Optimalisasi layanan listrik dan internet hingga pelosok desa menjadi hal utama yang banyak diinginkan masyarakat, utamanya anak, yang menjalani pembelajaran jarak jauh.

Hal ini menjadi perhatian bagi Forum Anak Banyumas, yang menyuarakan aspirasi tentang pendidikan di masa pandemi Covid-19. Ketua Forum Anak Banyumas Kalma Jamilah Zora mengatakan, ada 10 hal yang menjadi perhatiannya, di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Antara lain, optimalisasi sarana dan prasarana pendidikan di masa normal baru, pelayanan psikologis secara gratis dan terintegrasi, serta peningkatan kualitas kesehatan bagi semua anak untuk mengurangi angka stunting,” katanya, Minggu (26/7).

Pihaknya juga meminta pemerintah untuk meningkatkan edukasi keluarga serta pemahaman terkait kesehatan mental, pengawasan, dan pengurangan tayangan tidak layak anak.

Selain itu, mereka menolak segala bentuk kekerasan di lingkungan keluarga atau media sosial. Mendukung terbentuknya ruang publik yang ramah anak di setiap desa, dan pemerataan, perawatan dan pengoptimalan jalur sepeda.

Sekretaris Daerah Pemkab Banyumas Budi Saptono mengatakan, pemerintah berkomitmen melindungi hak-hak anak, serta menyiapkan generasi penerus yang kuat demi menyongsong Indonesia maju.

“Anak harus tumbuh dan berkembang secara optimal, serta mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan terhadap anak,” ujarnya.

Hal tersebut agar nantinya dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Dia meminta segenap jajaran pemerintah daerah untuk dapat menyatukan tekad, menguatkan barisan, serta menyamakan gerak langkah, demi mewujudkan program yang berkaitan dengan anak.(ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *