Eisti-Jos di Demak Ambyar, Bubar. Penggantinya Sempat Jadi Rival

oleh -66 views
DEMAK – Duet Eisti-Jos sudah ambyar di tengah jalan, sebelum laga pertarungan 9 Desember 2020 dimulai. Eistianah dan Joko Sutanto harus bubar, usai mendaftarkan sebagai bakal calon bupati-wakil bupati Demak, dalam Pilkada 2020. Pemicunya, Joko Sutanto tidak lolos dalam tes kesehatan yang digelar usai pendaftaran.

PDI Perjuangan selaku salah satu partai pengusung langsung melakukan penggantian bakal calon wakil bupati Demak, Joko Sutanto. Melalui surat rekomendasi DPP No 555/EX/DPP/IX/2020 tertanggal 13 September 2020 yang ditujukan ke KPU Kabupaten Demak berisi pemberitahuan pencabutan model B1 KWK Parpol No 1583/IN/DPP/VII/2020 dan Penetapan Rekomendasi Kabupaten Demak.

Dalam surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto dan Sekjen Hasto Kristiyanto, Minggu (13/9) menunjuk Ali Makhsun sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Demak menggantikan Joko Sutanto.

Ali merupakan Ketua Dewan Syuro DPC PKB Demak yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Amin, Suburan, Mranggen, Demak. Uniknya, Ali Mahsun sempat sangat mesra dengan lawan yang akan dihadapi, yakni Mugiono.

Sejak awal tahun 2020, Ali Mahsun sudah membuat baliho bersama Mugiono. Belakangan, Ali Mahsun undur diri menemani Mugiono. Akhirnya Mugiono berpasangangan dengan Gus Badruddin.

“DPP PDI Perjuangan mencabut surat DPP PDIP model B1 KWK Parpol tanggal 1 Juli 2020 tentang rekom Eistianah-Joko Sutanto dan dinyatakan tidak berlaku lagi,” kata Bambang yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Tengah.

DPP, lanjut Bambang kemudian mengeluarkan lagi model B1 KWK Parpol tanggal 13 September 2020 tentang rekomendasi pasangan bakal calon Bupati Demak yakni Eisti’anah-Ali Makhsun.

“Kami berharap KPU Demak memproses pencabutan dan menerima pendaftaran pasangan calon tersebut selama masa perpanjangan pendaftaran,” harapnya.

Ketua KPU Kabupaten Demak Setya Budi sebelumnya mengumumkan bahwa bakal calon Wakil Bupati Demak Joko Sutanto yang berpasangan dengan calon Bupati Demak Esti’anah yang diusung PDIP tidak memenuhi syarat tes kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang.

Menurut dia, dalam tes kesehatan tersebut, semua bakal pasangan calon harus menjalani tiga jenis tes, yakni tes kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *