Dikepung 14 Sungai Besar, 11 Kecamatan di Demak Rawan Banjir

oleh -93 views


DEMAK – Sebanyak 11 kecamatan di kabupaten Demak masuk kategori rawan banjir. Salah satu pemicunya, daerah ini dilalui 14 sungai besar.

“Demak ini juga kawasan hilir. Kemudian ada 14 sungai besar. Tentu ada kerawanan akan bencana banjir saat musim hujan,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak Agus Nugroho, Selasa (19/11).
Agus menyebutkan, sejumlah wilayah yang menjadi fokus perhatian BPBD meliputi warga yang berada di sekitar Kali Dumbo, Babon, Wulan, Serang, Setu, Cabean. “Sejumlah sungai lainnya yang juga sering menjadi penyebab banjir,” jelasnya.
Atas dasar itu, Agus mengimbau masyarakat agar mulai bersiap-siap untuk mengantisipasi potensi banjir tersebut karena puncak musim penghujan di Demak diprediksi akan terjadi pada Desember.
Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk waspada adanya kemungkinan angin kencang dan tanah longsor apabila terjadi hujan deras.
“Mulai sekarang masyarakat bisa segera melakukan bersih-bersih sungai agar tidak menghambat aliran airnya. Selain itu juga cek tanggul kritis, dan membuat sumur resapan,” tandasnya. (mht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *