Camat Tegal Timur Pimpin Pembongkaran Kakus Liar di Bantaran Sungai Ketiwon

oleh -189 views

Tegal – Keberadaan kakus Liar (helykopter) yang ada di bantaran Sungai Ketiwon, Kelurahan, Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal dibongkar paksa, Jumat (22/11/2019).

Pembongkaran dilakukan oleh Camat Tegal Timur, Zainal Ali Mukti bersama Lurah Panggung, Heru Sukoco SH M.Si, Danramil Tegal Timur. Kapten Infantri M Krisnawan, Kapolsek Tegal Timur, Kompol Agus Endro didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tegal, Wiharto.

Camat Tegal Timur, Zainal Ali Mukti menyampaikan, menyikapi hal tersebut Dinas Kesehatan Kota Tegal menggalakan program stop buang air besar sembarangan. Program ini dilakukan dengan penyuluhan tentang lingkungan sehat, sosialisasi dan pemberian stimulan jamban (jambanisasi).

Wilayah Tegal Timur dengan 5 Kelurahan jumlah rumahnya sebanyak 15.415. Ada 257 rumah tidak memiliki Jamban dan 806 rumah tidak memiliki septic tank.

Selain menggangu keindahan, keberadaan tobong BAB di pinggir sungai ini bisa menyebarkan penyakit. Untuk itulah, Pemkot Tegal melakukan program jambanisasi secara stimulan.

“Stimulan jambanisasi untuk tahun 2019 sebanyak 268 unit dan ini sedang proses pengerjaan,” kata Zainal.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tegal, Wiharto menambahkan, data dasar Penyehatan Lingkungan (DDPL) dari Dinas Kesehatan Kota Tegal sebanyak 1.775 rumah di Kota Tegal, tidak memiliki jamban. Sebanyak 1.268 rumah lainnya tidak memiliki septic tank. Pemkot tengah menggalakan stop buang air besar (BAB) sembarangan melalui program jambanisasi.

Wiharto mentargetkan, tahun 2019 ini salah satu kecamatan yakni Margadana akan dicanangkan menjadi Kecamatan Open Defecation Free (ODF). ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam satu komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Sembilan kelurahan di Kota Tegal telah dijadikan sebagai kelurahan Open Defection Free (ODF). Sembilan kelurahan tersebut, meliputi Kaligangsa, Krandon, Kalinyamat Kulon, Pesurungan Lor, Sumurpanggang, Pesurungan Kidul, Keturen, dan Slerok. ODF dilakukan Untuk mewujudkan daerah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

(nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *