Bengawan Formula Siap Memenangi Kompetisi di Jepang

oleh -70 views
Solo  – Tim Bengawan Formula Student Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap memenangi Kompetisi Student Formula Japan yang diadakan oleh Society of Automotive Engineer (SAE) Jepang.

“Kompetisi ini bagian dari Society of Automotive Engineer (SAE) Internasional,” kata Wakil Rektor IV Widodo Muktiyo pada peluncuran mobil Tim Bengawan Formula Student UNS di Kampus UNS Solo, Kamis (23/8/2018).

Kebanggaan bagi UNS untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia tersebut mengingat UNS tidak pernah absen dalam mengikuti ajang tingkat global.

“Untuk mobil ini merupakan ketiga kalinya Bengawan Student ingin memacu dengan mobil bernama Samarta yang artinya ‘mampu’. Harapannya mobil ini mampu memenangi kompetisi tersebut, jangan hanya naik grade tetapi harus menang,” kata Widodo Muktiyo .

Sementara itu, Ketua Tim Bengawan Formula Student UNS Farlian Rizky Sinaga mengatakan bahwa “Student Formula Japan” merupakan kompetisi internasional tingkat mahasiswa untuk merancang, mendesain, dan memproduksi sebuah mobil balap formula.

“Pada pelaksanaan kompetisinya, penilaian tidak hanya meliputi aspek perfoma mobil, tetapi tim juga dituntut dapat mengorganisasi seluru pembuatan mobil,” kata Farlian Rizky Sinaga.

Menurut Farlian Rizky Sinaga, di samping pembuatan mobil yang penuh implementasi ilmu teknik, tim harus dapat mempresentasikan desain yang inovatif dan kreatif serta perencanaan pembiayaan yang baik dengan memperhatikan nilai jual dari sebuah produk.

Farlian Rizky Sinaga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan peluncuran Tim Bengawan Formula Student UNS, salah satunya memperkenalkan kepada masyarakat lokal dan nasional mengenai kompetisi tersebut.

“Selain itu, acara ini juga merupakan ajang promosi sponsor yang telah bekerja sama dengan tim kami demi terwujudnya tujuan mengikuti kompetisi Student Formula Japan 2018,” kata Farlian Rizky Sinaga.

Sumber Antara Jateng