Awas!! Genangan Rob Ancam Pemungutan Suara

oleh -18 views
PEKALONGAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pekalongan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memetakan tempat pemungutan suara rawan bencana seiring pelaksanaan Pilkada 2020 dilaksanakan saat musim hujan.

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan Ahsin Hana mengatakan bahwa ada sejumlah wilayah rawan longsor yang berada di bagian atas atau pegunungan serta rawan banjir dan rob yang berada di wilayah pesisir.

“Oleh karena, untuk antisipasi kerawanan tersebut, kami menggandeng BPBD melakukan pemetaan lokasi TPS agar saat hujan pelaksanaan pilkada tetap lancar dan aman,” ujarnya, Minggu (8/11).

Menurut dia, berdasar indeks kerawanan pemilu (IKP), potensi penghambat proses pemungutan suara di antaranya adalah bencana alam seperti longsor dan rob.

“Karena itu, kami akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya BPBD untuk langkah antisipasi kerawanan pelaksanaan pilkada,” terangnya.

KPU telah memerintahkan pada petugas pemungutan suara (PPS) untuk mulai mencari lokasi strategis TPS yang dinilai aman dari bencana seperti tidak berada di bawah tebing dan wilayah yang jauh dari rob.

Selanjutnya, setelah PPS melaporkan hasil lokasi TPS , kata dia, pihaknya bersama BPBD akan mengkaji kembali karena tujuannya pelaksanaan pilkada di daerah rawan bencana agar tetap lancar.

“Adapun sejumlah daerah rawan longsor yang menjadi perhatian KPU antara lain Kecamatan Petungkriono, Lebakbarang, Kandangserang, dan Paninggaran sedang wilayah rawan rob yaitu Kecamatan Siwalan, Wonokerto, dan Tirto,” tandasnya. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *