Ajak IKM Hasilkan Produk Kreatif

oleh -43 views
SOLO – Gedung Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) Semanggi Harmoni, serta Sekretariat Dekranasda Kota Surakarta, di Kecamatan Pasar Kliwon, diresmikan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, didampingi wakilnya Ahmad Purnomo, Jumat (11/9).

Sentra itu berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, yang dibangun dalam dua tahap dengan anggaran Rp23 miliar.

Wali kota mengatakan, keberadaan Sentra IKM diharapkan menjadi pendorong industri UMKM kreatif di Surakarta. Sebab, gedung Sentra IKM Kreatif yang beralamat di Jalan Sungai Serang I No 20, Kelurahan Semanggi itu akan menjadi salah satu pusat pengembangan industri kreatif, yang menjadi yang tulang punggung pengembangan UMKM di Kota Surakarta.

Mengingat lahan yang tersisa masih luas, Sentra IKM tersebut masih memungkinkan untuk dikembangkan. “Semoga semua fasilitas di IKM Semanggi ini bisa segera dimanfaatkan para pelaku industri kecil dan menengah di Kota Surakarta ini,” ucap Rudi, sapaan akrab wali kota.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Ariani Indriastuti menerangkan, meski saat itu belum grand launching, IKM Centre yang sudah difungsikan sejak awal 2019, telah melakukan beberapa kegiatan produksi. Mereka juga telah menerima kunjungan studi tiru dari berbagai pihak dan daerah.

“IKM sendiri telah melakukan berbagai kegiatan produksi dan kunjungan studi komparasi. Namun sejak Maret 2020 pada awal Pandemi Corona kegiatan sempat terhenti. Aktif kembali mulai 1 Juli 2020,” ungkapnya.

Ditambahkan, Sentra IKM Kreatif selain befungsi sebagai show room produk-produk industri kreatif, juga menyediakan ruang workshop. Selain itu ada ada juga bidang pelatihan tentang manajemen maupun penciptaan desain dan produk baru.

Pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai UMKM, dan mendorong mereka untuk memajang dan memasarkan karyanya di Sentra IKM Kreatif.

Dalam peresmian Gedung Sentra IKM tersebut, Pemkot juga meluncurkan Program Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik Kota Surakarta, yakni Sistem Informasi Bantuan Sosial untuk Penyaluran BPMKS Tepat Sasaran, Portal Kurikulum Berkarakter, Mekanisme Pelaksanaan Kerja Sama Daerah, dan Pedoman Penyusunan Laporan Kinerja Perangkat Daerah Terpadu.(rta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *