30 ASN Pemprov Jateng Terpapar Covid-19

oleh -97 views

Pasien covid saat ditangani petugas medis.

Semarang – Sekitar 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo mengakui adanya hal itu.

“Iya ada di beberapa kantor yang positif. Total dua kantor, sekitar 30-an orang,” ungkap Yulianto dijumpai wartawan di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Selasa (30/6/2020).

Yulianto mengatakan saat ini, ke-30 an ASN itu sudah ditangani secara intensif. Mereka bahkan sudah melakukan isolasi di Hotel Kesambi Hijau, milik Pemprov Jateng.

“Beberapa hingga kini masih ada yang menjalani isolasi,” tuturnya.

Yulianto menambahkan, meski ada 30 ASN yang positif, Pemprov Jateng tak lantas menghentikan pelayanan publik. Dua kantor yang pegawai yang terpapar Covid-19 juga masih dibuka.

“Kita hanya lakukan pembersihan dengan disinfektan. Kita perketat protokol kesehatan dan penerapan jarak atau physical distancing,” imbuhnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan penularan Covid-19 di antara ASN Pemprov Jateng itu menjadi salah satu kasus paling menonjol di Jateng.

Ganjar bahkan mengategorikan kasus penularan itu sebagai sebuah klaster.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan paparan terkait penanganan Covid-19 di Jateng kepada Presiden Joko Widodo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Selasa pagi.

“Ini [klaster ASN Pemprov Jateng] penularan dimulai dari keluarga, lalu menular ke rekan-rekannya di Pemprov [Jateng],” ujar Ganjar.

Selain klaster ASN Pemprov Jateng, Ganjar juga mengategorikan beberapa klaster yang menonjol. Beberapa klaster itu antara lain, klaster pegawai PLTU, klaster pasar tradisional, klaster panti sosial Rembang, klaster Polres Rembang, dan klaster Ijtima Gowa serta Temboro yang tersebar di hampir seluruh wilayah Jateng.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *