223 Calon Advokat Peradi Semarang Dilantik dan Disumpah

oleh -72 views

Semarang – Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Semarang melakukan pengangkatan calon advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Jawa Tengah terhadap 223 calon advokat di lantai 16 MG Setos Semarang, Selasa (21/8/2018).

Acara dilanjutkan pengambilan sumpah atau janji oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah, Naomi HT Siahaan.

Wakil Ketua DPN Peradi, Achiel Suyanto mengatakan, terdapat 229 calon advokat yang sedianya dilantik dan disumpah.

“Tapi tidak hadir enam orang,” kata dia kepada wartawan.

Achil menilai, mereka yang dilantik dan disumpah sebelumnya melalui proses pendidikan, ujian dan magang. Pihaknya menekan kepada para advokat yang baru disumpah untuk memahami etika profesi.

“Kalau hukum acara, pasti mereka sudah diajarkan. Tapi soal etika, itu harus dipelajari. Seorang advokat akan dihargai kalau kita bia menghormati diri kita dan profesi kita sendiri,” kata dia.

Ia mengatakan profesi advokat tidak kebal hukum tetapi akan dilindungi jika menjalankan profesi sesuai aturan. Lain halnya untuk advokat yang melanggar aturan perundang-undangan.

Sementara Naomi HT Siahaan dalam sambutannta di hadapan peserta mengatakan, bidang hukum sangat dinamis. Produk dan nilai-nilainya terus berkembang bagi masyarakat pencari keadilan.

“Advokat baru harus belajar dan meningkatkan kemampuannya. Jika advokat tidak mengikuti perkembangan, negara, politik, kemasyarakatan, adminitrasi dan situasi maka akan tertinggal. Ditinggalkan dinamika hukum,” pesannya.

Menurut Naomi, hukum dan masyarakat terkait. Masyarakat selalu dipengaruhi dinamika yang ada.

“Lima tahun lalu ITE tidak begitu dihiraukan. Tapi saat ini, ITE sudah merambah umat. Masyarakat urban, pedesaan bahkan yang terisolir,” ujar dia.

“Perkembangan hukum skekarang dipengaruhi ITE. Contoh di pengadilan sudah menerapkan ITE. SIPP, E-Court. Tanpa harus ke pengadilan masyarakat pencari keadilan bisa mengajukan gugatan,” kata dia.

Sementara, Sekretaris DPC Peradi Semarang, Noer Kholis didampingi panitia, Samriadin menambahkan, pelantikan dan penyumpahan diikuti 223 calon advokat dari sejumlah wilayah.

“Ada dari Semarang, Pekalongan, Solo, Blora. Acara dihadiri Ketua DPC Peradi Blora, Surakarta, perwakilan PN Semarang, pengadilan militer, Polda Jateng,” kata dia.edit