2 Bocah SMK Pembunuh Sopir Taksi Online di Semarang Segera Disidang

oleh -71 views

Ilustrasi

Semarang (Infoplus) – Jaksa Penuntut Umum Kejari Semarang telah melimpahkan berkas perkara dugaan pembunuhan terhadap Deni Setiawan, sopir taksi online dengan tersangka IJP dan DYH ke pengadilan. Atas pelimpahan itu, pengadilan segera menyidangkan dua bocah di bawah umut yang masih duduk di bangku SMK itu.

Zahri Aeniwati, salah satu jaksa yang ditunjuk menangani perkaraya mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Kamis (8/2).

“Dilimpahkan ke pengadilan Rabu (7/2) lalu. Sebelumnya penyidik melimpahkan ke kejaksaan, Selasa (6/2),” kata Aeniwati.

Selain dirinya, kata Aeniwati, ditunjuk dua jaksa lain yang akan menyidangkan, yaitu Harwanti dan Yustiawati. Atas pelimpahan itu, Aeni mengatakan, kewenangan penahanan berada pada pengadilan.

“Sebelumnya jaksa usai menerima pelimpahan dari penyidik juga sempat dua hari menahan tersangka dari lima hari kewenangan yang diberikan. Yaitu pada tanggal 6 dan 7 Februari lalu,” kata Aeniwati.

Sesuai ketentuan sistem peradilan anak, pemeriksaan kedua tersangka IJP dan DHY yang telag mendekam di Rumah Tahanan itu harus selesai dalam waktu 25 hari. Hakim pengadilan berwenang menahan 10 hari kedepan dan bisa diperpanjang 15 hari atau totalnya 25 hari.

“Jika tidak selesai 25 hari, hadua keluar demi hikim. Sidang nantinya digelar tertutup karena terdakwa di bawah umur,” kata Aeniwati.

Terpisah dikonfirmasi, Noerma Soejatingsih, Panitera Muda Pidana pada PN Semarang mengakui pelimpahan itu. “Perkaranya terdaftar nomor 6 dan 7 /Pid.Sus-Anak/2018/PN Smg. Kedua perkara ditangani hakim tunggal Sigit Haryanto dibantu Panitera Pengganti, Heru Satriawan dan Ribut Dwi Santoso,” kata Noerma.

Pembunuhan diduga dilakukan IJP (16) tahun dan DYH (15) yang kini telah mendekam di Rutan sejak 23 Januari lalu. Dugaan pembunuhan terjadi 20 Januari malam lalu di Jalan Cendana Selatan IV Sambiroto Tembalang Semarang.

IJP dan DYH telah berencana merampok dengan sasaran sopir taksi online. Korban diketahui membunuh korban, Deni Setiawan, sopir Go Car dan mencuri mobil Nissan Grand Livina  hitam H-8849-D, 2 Hp dan dompet berisi uang serta surat penting.edi