16 Murid SD di Rembang Keracunan Usai Minum Es Puter Kemasan

oleh -56 views
Rembang – Sebanyak 16 siswa SDN 1 Dresi Kulon Kecamatan Kaliori, Rembang diduga mengalami keracunan minuman kemasan. Mereka dilarikan ke puskesmas setelah mengeluh pusing, mual dan muntah.

Koordinator Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Kaliori, Prehayati Dwi Susanti mengatakan, rata-rata para murid mengalami pusing, mual, dan muntah – muntah. Tiga siswa di antaranya harus mendapat observasi karena kondisinya cukup parah.

“Ya mereka semuanya merasa pusing, mual, sama muntah-muntah. Ada 3 anak yang sampai harus diinfus. Kalau dari kondisi yang dialami para murid ini memang menunjukkan indikasi kalau keracunan,” terangnya saat ditemui detikcom di Puskesmas Kaliori, Kamis (30/8/2018).


“Berawal ketika murid kelas 5 bernama Umi Mutanaimah membeli minuman merk es puter di pegadang asongan. Dia merasakan tidak enak kemudian memberikan es puter tersebut kepada murid-murid lainnya,” papar Ansori.

“Karena ikut meminum es tersebut, murid-murid yang lainnya menangis dan mengeluhkan sesak nafas, sakit perut, mual, muntah-muntah, dan pusing, kemudian korban di bawa oleh guru ke Puskesmas Kaliori untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan,” imbuhnya.

Ansori menjelaskan, beberapa murid yang kondisinya sudah mulai membaik langsung dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka selanjutnya akan rawat jalan.

“Kita datangi TKP, barang bukti yang ada kita bawa seperti sisa minuman yang sempat dibuang, air bahan baku membuat es ada dua jenis. Juga kemasan es puter kita amankan,” terangnya.

Sumber Detik.com